Cara Tukar Uang Baru Pakai PINTAR BI, Ternyata Gampang!

Warga mengantre untuk menukarkan uang Rupiah kertas baru Tahun Emisi (TE) 2022 di Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan, Rabu (24/8/2022). Pemerintah melalui Bank Indonesia secara resmi mengeluarkan tujuh uang kertas baru tahun emisi 2022. Uang kertas baru ini terdiri dari pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang baru, yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi PINTAR BI. Aplikasi ini memudahkan masyarakat, yang mau menukarkan uang baru menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Masyarakat bisa memesan penukaran dengan menggunakan aplikasi saat mengakses layanan melalui kas keliling. Untuk masyarakat yang ingin menggunakan layanan penukaran ini, berikut caranya:

1. Kunjungi link penukaran uang baru buat Lebaran 2023

2. Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling” yang berada di halaman awal situs.

3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang diinginkan.

4. Akan muncul daftar lokasi dan tanggal yang tersedia.
Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang sesuai kebutuhan.

5. Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail.

6. Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, dan akan diberi bukti pemesanan.

7. Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang baru buat Lebaran 2023, sesuai dengan lokasi dan waktu yang dipilih.

BI diketahui membuka sejumlah tempat penukaran di tahun ini. Selain kas keliling, ada juga 5.066 titik penukaran pada bak yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu juga dapat melakukan penukaran pada jalur mudik.

Pada 15-19 April, terdapat lokasi layanan penukaran di jalur mudik yakni Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

BI menyiapkan Rp 195 triliun untuk kebutuhan layanan penukaran. Setiap orang dapat mendapatkan paket penukaran Rp 3,8 juta/orang.

Layanan tersebut telah dibuka sejak 27 Maret hingga 20 April 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*