Catat! Pelat RF atau ZZ Tak Kebal Ganjil Genap

Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menerbitkan penggunaan pelat nomor khusus dan rahasia. Pelat nomor khusus yang tadinya menggunakan kode RF kini diganti menjadi ZZ. Tapi, polisi menegaskan bahwa pelat nomor itu tidak kebal aturan lalu lintas.
Belum lama ini terungkap adanya pemalsuan pelat nomor khusus dengan kode RF sampai ZZ. Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Samian mengungkap pelat nomor kode khusus itu dipesan oleh kalangan swasta yang ingin merasa ‘aman’ di jalan. Mereka yang memesan pelat nomor palsu berkode ‘ZZ’ itu bertujuan agar tidak kena tilang polisi.

“Motifnya adalah agar aman di jalan dari pemeriksaan petugas di lapangan. Sehingga sampai saat ini pendalaman kita itu tidak terindikasi untuk pelaku kejahatan,” ungkap Samian dikutip detikNews.

Akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya menegaskan, pelat nomor khusus ini tidak kebal terhadap aturan lalu lintas. Artinya, kalau melanggar tetap akan ditilang.

“Diharapkan kepada masyarakat yang tidak berkepentingan untuk tidak menggunakan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)/plat rahasia palsu untuk menghindari ganjil genap, dikarenakan saat ini TNKB/plat rahasia tidak kebal ganjil genap,” tulis TMC Polda Metro Jaya dikutip Rabu (31/1/2024).

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan pelat nomor khusus itu hanya digunakan oleh kendaraan dinas. Kendaraan pribadi tidak bisa memakai pelat nomor ZZ ini.

Karena hanya digunakan oleh kendaraan dinas, maka mobil mewah seharga miliaran yang memakai pelat ZZ patut dicurigai menggunakan pelat nomor palsu. Sebab, kendaraan mewah biasanya adalah kendaraan pribadi, bukan sebagai kendaraan dinas.

“Kalau lihat Land Cruiser yang harganya miliaran tapi pakai pelat nomor ZZP, ZZT, atau ZZ lain, itu saya nyatakan tidak benar, itu perlu dipertanyakan. Kenapa? Karena (pelat nomor ZZ) hanya untuk kendaraan dinas,” kata Yusri dikutip situs resmi Humas Polri.

Jika dijumpai ada indikasi pelanggaran, maka kepolisian akan melakukan penelusuran dan pemeriksaan menyeluruh. Polisi akan mencari tahu data pemilik dan status Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*