Ingin Beli Properti di Singapura? Simak 7 Langkah Wajib Tahu

Patung Merlion, objek wisata populer di Singapura. (AP/Annabelle Liang)

Real estat di Singapura memang menjadi incaran bagi banyak crazy rich dari luar Singapura karena ini merupakan tempat investasi yang aman dan bagus bagi mereka.

Namun, sebelum Anda memilih untuk berinvestasi properti di Singapura setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pembelian properti dapat berjalan sesuai rencana. Melansir dari Business Review, berikut 7 langkah penting untuk memiliki properti pribadi di Singapura:

Langkah 1: Kenali Pasar Properti Singapura

Perlu dipahami bahwa pasar properti sangat dinamis. Dia dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, dan tren pasar. Untuk itu, Anda perlu meneliti dan memahami jenis-jenis properti terbaik yang menjadi pilihan anda dengan juga mempertimbangkan persyaratan hukum untuk kepemilikan properti asing.

Perlu dicatat, bahwa beberapa properti mungkin hanya dapat dibeli oleh warga negara atau penduduk tetap Singapura, dan mungkin ada batasan jumlah properti yang dapat dimiliki oleh orang asing. Untuk itu, berkonsultasi dengan ahli properti mungkin menjadi keputusan yang tepat sebelum membeli properti incaran Anda.

Langkah 2: Tentukan Anggaran dan Jelajahi Opsi Pembiayaan

Anggaran dan opsi pembiayaan harus menjadi pertimbangan awal ketika Anda memilih untuk berinvestasi di properti Singapura. Dalam penetapan anggaran, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan, seperti pajak, biaya legal, dan biaya pemeliharaan.

Sebagai orang asing, Anda memiliki banyak pilihan pembiayaan, seperti bank atau pinjaman pribadi. Opsi pembayaran tersebut dapat Anda pilih dengan membandingkan suku bunga, persyaratan pinjaman, dan persyaratan kelayakan. Hal ini dapat dilakukan dengan berkonsultasi pada penasihat keuangan.

Langkah 3: Cari Bantuan Agen Real Estat

Dalam mencari bantuan untuk mendapatkan properti terbaik, Anda dapat menggunakan jasa agen real estat yang berlisensi Council for Estate Agencies (CEA) serta memiliki rekam jejak yang baik. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan wawasan berharga mengenai pasar properti Singapura, membantu Anda mempersempit pencarian sesuai kebutuhan dan anggaran, serta memandu Anda melalui proses pembelian, menavigasi prosedur hukum dan administrasi.

Langkah 4: Meninjau Langsung Properti

Setelah menentukan anggaran Anda dan menghubungi agen real estat, sekarang saatnya untuk melakukan peninjauan langsung pada properti incaran Anda.

Dengan begitu, Anda jadi lebih tau kondisi, lokasi, dan fasilitasnya, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat. Jangan lupa periksa seluruh bagian dair properti dengan cermat dan catat setiap masalah, potensi perbaikan, atau renovasi yang diperlukan. Mintalah semua informasi properti yang diperlukan dari agen Anda, seperti masa sewa, biaya pemeliharaan, dan batasan. Untuk mendapatkan pilihan yang terbaik, Anda dapat membuat beberapa pilihan properti sebelum akhirnya memilih yang paling baik untuk menjadi investasi anda.

Langkah 5: Ajukan Penawaran

Setelah mengidentifikasi properti yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, selanjutnya ajukan penawaran. Anda dapat bekerjasama dengan agen real estat Anda untuk mengevaluasi nilai pasar wajar properti dan ajukan penawaran yang kompetitif. Gunakan kemampuan negosiasi Anda dengan baik untuk untuk mencapai harga yang dapat diterima bersama.

Langkah 6: Minta Persetujuan dari Pihak Berwenang

Orang asing yang ingin memiliki properti pribadi di Singapura harus meminta persetujuan dari pihak berwenang terkait. Proses persetujuan dapat memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, jenis properti, dan kewarganegaraan. Untuk mengajukan permohonan, Anda harus menyerahkan formulir aplikasi, dokumen pendukung, dan membayar biaya pemrosesan ke SLA.

Selain itu, jika Anda membiayai pembelian dengan pinjaman bank, Anda harus mendapatkan persetujuan dari Otoritas Moneter Singapura (MAS). MAS mengawasi praktik pemberian pinjaman bank di Singapura, memastikan mereka mengikuti praktik pemberian pinjaman yang benar. Dengan mendapatkan persetujuan yang diperlukan, Anda akan memastikan bahwa Anda sah secara hukum untuk memiliki properti pribadi di Singapura.

Langkah 7: Menyelesaikan Pembelian

Setelah Anda menerima semua persetujuan yang diperlukan, saatnya untuk menyelesaikan pembelian properti pribadi Anda. Tinjau kembali perjanjian jual beli dengan agen real estat dan pengacara Anda. Bayar sisa harga pembelian, dan pastikan Anda mengurus bea materai sesuai dengan harga pembelian properti dan status kewarganegaraan Anda. Penting juga untuk menandatangani akta pengalihan dan pengalihan, yang secara hukum mengalihkan kepemilikan properti kepada Anda.

Sebelum menyelesaikan transaksi, Anda dapat mengunjungi properti kembali untuk memastikannya sesuai dengan harapan Anda. Perhatikan tata letak, desain, dan perabotannya, karena ini akan menjadi faktor penting dalam menentukan kepuasan Anda terhadap properti tersebut. Setelah Anda menyelesaikan pembelian, pastikan untuk mendaftarkan properti tersebut ke otoritas terkait dan membeli polis asuransi untuk melindungi investasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*