Presiden Taiwan & DPR AS Bertemu, China Ngamuk Lakukan Ini..

Dua helikopter militer China terbang melewati kapal tunda Angkatan Laut PLA, seperti yang terlihat dari pulau Pingtan, titik terdekat ke Taiwan, di provinsi Fujian tenggara China pada 7 April 2023. (GREG BAKER/AFP via Getty Images)

 Beijing, China dikabarkan marah besar atas terjadinya pertemuan antara Presiden Taiwan Tsai Ing Wen dengan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy di California. Atas hal itu, China langsung memulai latihan militer selama tiga hari di sekitar Taiwan.

Mengutip¬†Aljazeera, pihak China yang mengklaim bahwa Taiwan sebagai¬†bagian dari negaranya itu dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuannya, akan mengadakan “patroli kesiapan tempur” hingga 10 April 2023.

Hal itu dikatakan langsung oleh Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat pada hari Sabtu (8/4/2023).

Latihan tersebut, dijuluki United Sharp Sword, melibatkan latihan di Selat Taiwan di utara dan selatan pulau itu serta di laut dan wilayah udara di timurnya.

“Ini adalah peringatan serius bagi pasukan separatis kemerdekaan Taiwan dan kolusi dan provokasi pasukan eksternal, dan ini adalah tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah,” kata PLA.

Tsai bertemu McCarthy dalam perjalanan pulang ke dua sekutu resmi pulau yang diperintah sendiri itu di Amerika Tengah dan tiba di rumah pada Jumat.

Beijing telah mengancam pembalasan bahkan sebelum pertemuan itu berlangsung. Kapal induk Shandong terlihat berlayar melalui perairan tenggara Taiwan dalam perjalanan ke Pasifik barat beberapa jam sebelum pertemuan dijadwalkan pada hari Rabu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*