Punya Uang Puluhan Miliar, Berapa Gaji AKBP Achiruddin?

AKBP Achiruddin Hasibuan. (Tangkapan Layar Instagram @achiruddinhasibuan)

Berawal dari ulah anak, seperti Rafael Alun Trisambodo (RAT) kini AKBP Achiruddin Hasibuan harus merasakan sorotan tajam masyarakat. Termasuk soal hartanya bernilai miliaran.

Nama AKBP Achiruddin Hasibuan mencuat setelah beredar video tindak kekerasan yang dilakukan oleh anaknya Aditya Hasibuan. AKBP Achiruddin saat ini telah dicopot jabatannya dari KBO Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara. Ia menyalahi etik, dan ditahan sementara di tempat khusus.

Tak berhenti di situ, masyarakat di media sosial mencari nominal harta kekayaan Achiruddin. Di mana berdasarkan LHKPN hartanya adalah Rp467 juta, yang dianggap terbilang kecil untuk sosok pemilik rumah mewah dan motor gede jenis Harley Davidson.

Usut punya usut keluarga tersebut juga pernah pamer di media sosial saat sedang mengendarai mobil mewah Rubicon.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) baru saja mengungkap fakta bahwa Achiruddin dan anaknya memiliki uang puluhan miliar di rekening. Setelah dilucuti, PPATK mencium adanya indikasi pencucian uang sehingga harus diblokir.Menjadi pertanyaan, berapa sebenarnya gaji Achiruddin?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2019, gaji pokok untuk Golongan I Tantama dengan pangkat Bhayangkara Dua di kisaran Rp 1,6 juta hingga Rp 2,5 juta. Gaji pokok Golongan IV Perwira Tinggi dengan pangkat Jenderal Polisi di kisaran Rp 5,2 juta hingga Rp 5,9 juta per bulan.

AKBP Achiruddin Hasibuan sendiri masuk golongan IV (Perwira Menengah) dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), di mana besaran gajinya berkisar dari Rp 3,09 juta – Rp 5,08 juta

 

Sementara untuk tunjangan, level perwira polisi berpangkat AKBP biasanya berada di level kelas jabatan 11, sehingga mendapatkan tunjangan kinerja per bulannya sebesar Rp 5.183.000.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*