Wusss! Tol Baru Nyambung, Jakarta-Bekasi 20 Menit

Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu Seksi 2A dan 2A Ujung (Casablanca-Marga Jaya) sepanjang 4,88 Km. (CNBC Indonesia/Indra Riantoro)

Jalan Tol Bekasi РCawang РKp. Melayu (Becakayu) untuk dua seksi yaitu Seksi 2A & 2A Ujung (Jakasampurna РMarga Jaya) mulai uji coba operasi berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No. 54/KPTS/M/2023, sejak 24 Maret 2023 sejak pukul 06.00 WIB.

Seperti dikutip dari laman BPJT, Selasa (28/3/2023) beroperasinya dua seksi tadi, Jalan Tol Becakayu akan resmi menyambungkan wilayah Bekasi hingga Kampung Melayu sepanjang 16,78 km. Dengan dioperasikannya Tol Becakayu perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dapat ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 20 Р30 menit saja. Sebelumnya jika melalui jalan non tol, waktu tempuh dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar 60 menit.

Selama periode uji coba, pengguna jalan akan dikenakan tarif lama sebesar Rp14.000 untuk Golongan I (jenis kendaraan mobil, sedan, bus, pick up dan truk kecil). Uji coba ini merupakan rangkaian dari sosialisasi penyesuaian tarif Jalan Tol Becakayu yang semula dengan sistem terbuka 1 tarif menjadi sistem terbuka dengan 4 zonasi tarif.

Penyesuaian tarif Tol Becakayu yang dikelola oleh PT. Kresna Kusuna Dyandra Marga (PT. KKDM) diharapkan dapat menyeimbangkan antara panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna Jalan Tol dengan besaran tarif tol, sehingga pengguna jalan akan membayar sesuai dengan 4 zona asal dan tujuan.

Kemudian pada saat setelah sosialisasi dan uji coba, maka Jalan Tol Becakayu seluruhnya akan beroperasi penuh dengan menggunakan sistem 4 zonasi tarif tersebut. Dengan diterapkannya sistem zonasi ini, memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan baik pada pengguna jarak pendek maupun jarak jauh.

Pembagian zonasi terdiri dari 4 zona yaitu Zona 1 (Koneksi Wiyoto Wono – Jatiwaringin) sepanjang 5,1 Km, Zona 2 (Koneksi Wiyoto Wiyono – Pondok Kelapa) sepanjang 7,8 Km, Zona 3 (Koneksi Wiyoto Wiyono – Jakasampurna) sepanjang 11.9 Km, Zona 4 (Koneksi Wiyoto Wiyono – Marga Jaya) sepanjang 16.8 Km.

Dari arah Bekasi (Gerbang Tol Masuk)

GT Jatiwaringin 2 (Zona 1)
GT Pondok Kelapa 2 (Zona 2)
GT Jaka Sampurna 2 (Zona 3)
GT Marga Jaya 2 (Zona 4)

Dari arah Jakarta (Gerbang Tol Keluar)

GT Jatiwaringin 1 (Zona 1)
GT Pondok Kelapa 1 (Zona 2)
GT Jaka Sampurna 1 (Zona 3)
GT Marga Jaya 1 (Zona 4)

Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kp. Melayu yang dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai wilayah Kampung Melayu dengan total panjang 16,78 Km. Jalan Tol Becakayu juga terkoneksi dengan Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc via Gerbang Tol (GT) Pisangan.

Saat ini sebanyak 3 Seksi sudah beroperasi yang terbagi menjadi Seksi 1A (Casablanca – Cipinang) sepanjang 3,5 Km, Seksi 1B dan C (Cipinang – Jakasampurna) sepanjang 8,4 Km, dan Seksi 2A & 2A Ujung (Jakasampurna – Marga Jaya) sepanjang 4,88 Km.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*